Kamis, 29 September 2011

Sains & Teknologi Parodi Nobel untuk Penelitian "Terkonyol" Misalnya, penelitian adanya spesies serangga yang berhubungan seks dengan botol bir.

VIVAnews - Sejumlah saintis dunia akan berkumpul dalam acara Ig Nobel Prizes ke-21 di Harvard University, Amerika Serikat. Penghargaan tahunan yang dicetuskan majalah humor ilmiah Annals of Improbable Research, bisa disebut sebagai parodi dari Nobel Prize.

Namun, berbeda dengan Nobel Prize yang dianggap lebih bergengsi dan nilai prestise tinggi, Ig Nobel Prize diselenggarakan sebagai penghargaan kepada saintis yang tetap melakukan penelitian berdasarkan obyek yang diteliti. Seakan menyindir Nobel Prize yang hanya memberikan perhatian kepada hasil penelitian yang bermanfaat bagi dunia, Ig Nobel Prize menganggap penting semua hasil penelitian.

"Jelas tidak relevan menyebut suatu penelitian itu baik atau buruk, penting atau tidak penting," ucap pencetus Ig Nobel Prize, Marcus Abraham, seperti dikutip dari laman Fox News.   

"Sebagian orang bahkan menentang tegas adanya pandangan, 'penelitian ini baik untuk dunia, dan yang itu tidak'. Ini jelas berbeda dengan penghargaan lain," lanjut Abraham.

Ig Nobel Prize biasanya diberikan kepada saintis yang penelitiannya kerap dijadikan bahan tertawaan, padahal memiliki makna penting dalam sebuah penelitian ilmiah. Karena itulah Ig Nobel Prize memiliki jargon: "membuat orang tertawa, dan kemudian membuat orang berpikir."

Tapi kategori yang diberi penghargaan Ig Nobel Prize tidak sepele. Tahun ini saja, Ig Nobel Prize memberi penghargaan untuk kategori Fisiologi, Kimia, Ilmu Medis, Psikologi, Sastra, Biologi, Fisika, Matematika, Perdamaian, dan Keamanan Publik.

Anda pun pasti akan tersenyum jika mengetahui pemenang Ig Nobel Prize tahun ini. Misalnya, Ig Nobel Prize kategori Perdamaian diberikan kepada Walikota Vilnius, sebuah kota di Lithuania. Dalam mengatasi masalah parkir ilegal yang dilakukan oleh mobil mewah, Zuokas melindas mobil mewah itu dengan tank.

Mungkin Anda tertawa, apalagi jika melihat video di tautan ini. Namun, Zuokas menjelaskan ketegasan itu dilakukan terhadap pemilik mobil mewah, sebagai simbol bahwa harta tidak bisa menjadikan mereka kebal hukum.
Untuk kategori Biologi, Ig Nobel Prize diberikan kepada Daryl Gwynne dan David Rentz. Penghargaan diberikan setelah mereka menemukan adanya salah satu spesies serangga di Australia yang berkopulasi (berhubungan seks) dengan botol bir. Berkat penelitian ini, orang-orang pun kini sadar bahwa banyak hewan yang terancam punah.
Adapun pemenang unik di Ig Nobel Prize tahun ini, antara lain:

Kategori Medis: Peneliti dari Belanda, Mirjam Tuk, yang mendemonstrasikan keputusan terbaik dan terburuk saat kebelet pipis.

Kimia: Sejumlah peneliti Jepang menemukan Wasabi bisa digunakan sebagai alarm kebakaran.

Psikologi: Karl Halvoe Teigen dari University of Oslo, Norwegia, yang melakukan penelitian, mengapa setiap hari manusia mengeluh.
(Sumber: Fox News,Guardian | umi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar