Jumat, 30 September 2011

Jejak-Jejak Arak

July 22nd, 2009 admin
450px-chinesericewineDalam makanan yang dibakar, seperti ikan bakar, daging panggang atau barberque, arak sering digunakan untuk melunakkan daging dan menciptakan aroma sensasional. Arak yang acap digunakan adalah jenis arak putih atau anggur beras ketan.

Secara umum daging atau ikan yang direndam arak biasanya lebih lunak, lebih empuk, dan memiliki aroma khas arak. Tapi,indikasi tersebut pada kenyataannya sulit dikenali karena daging yang lunak dan empuk juga bisa disebabkan enzim papain dari daun atau getah pepaya. Sedngkan aroma arak tak mudah dikenali kecuali oleh orang yang berpengalaman.
TUMISAN
Aroma arak akan muncul saat tumisan dipanaskan dengan api dan arak dimasukkan ke dalam wajan.Indikasi lainnya, penambahan arak mengundang lidah api membakar bagian tengah wajan.
MIE
Mie goreng dengan berbagai rasa kadang-kadang ditambahi arak untuk menambah selera. Seperti mie goreng ayam, mie goreng sea food, mie goreng udang, dan seterusnya. Arak yang akan digunakan biasanya arak putih, arak merah atau mirin.
SEA FOOD
Sudah populer di kalangan penjual masakan ikan laut ,mengguyur arak pada seafood. Katanya, sekali lagi, untuk menghasilkan rasa dan aroma pengundang selera.
KUE PANGGANG
Salah satu kue panggang yang paling sering menggunakan rhum adalah blackforest. Padahal, rhum adalah jenis minuman keras kelas berat dengan kadar alkohol 20% hingga 40%.
ALTERNATIF NON ARAK
  • “halal version” masakan yang menggunakan minuman keras, dengan mengganti white wine dan bourbon dengan unsweetened apple juice, red wine dengan unsweetened grape juice, beer dengan air soda.
  • Untuk mengempukkan daging buat steak atau barbie, gunakan campuran sakti honey, halal vinegar dan cooking oil.
  • Red whine, muscat, white wine dapat diganti dengan jus anggur, sari buah apel, kaldu sayuran atau air biasa.
  • Kalau membuat teriyaki di rumah gunakan air lalu tambahkan gula pasir sebagai pengganti mirin dan sake. Bisa juga menggunakan jus anggur yang dicampur dengan air jeruk lemon atau zest.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar