Sabtu, 19 November 2011

Kapur Sirih


  1. Kapur sirih bukan berasal dari daun sirih, tapi terbuat dari batu gamping yg diambil dari gunung kapur. Sekeluarga sama kapur buat bangunan deh, dan kapur lainnya dengan proses beda-beda. Disebut kapur sirih karena suka dipake oleh ortu jadul klo makan sirih.
  2. Nah, nama kimia-nya pasti teman lain yg lebih tahu.
  3. cara pakenya : taruh dalam mangkuk, beri air agak banyak. Biarkan mengendap, lalu ambil air bagian atasnya. Jangan kapurnya ya….karena kapurnya rasanya pahiiiit dan pedess.
  4. dia akan membuat efek renyah pada gorengan, dan kesat pada adonan lain. Air kapur sirih juga digunakan untuk merendam buah untuk es buah, jadinya buah”an lebih renyah.
  5. untuk adonan pisang goreng, gunakan saja 3 sdm air kapur sirih…..inget airnya doang. Sikapur bukan gak guna dong, tapi berguna buat bikin air kapur-nya….ach, kau ini J)))

-Banyak ibu-ibu yang khawatir kulit perutnya cepat mengkerut, apalagi setelah melahirkan. Kali ini saya ingin membantu ibu-ibu dengan cara yang sederhana dan murah untuk mencegahnya.
Ambil kapur sirih 1 sendok makan, kemudian campur dengan minyak kayu putih 1/2 sendok makan dan air jeruk nipis 1 buah. Lalu oleskan secara merata pada perut Anda setelah mandi. Sesudah itu lilit dengan gurita. Selain menghambat timbulnya mengkerut pada perut juga terasa hangat di perut.
-jika anak kita jatuh atau berbenturan,tertimpa/tertiban benda-benda keras yang menyebabkan pembengkakan pada anggota tubuhnya maka obat yang paling bagus untuk pertolongan pertamanya (ingat saat itu juga) adalah dengan melumuri bengkak dianggota tubuh dengan kapur sirih, khasiatnya untuk melancarkan peredaran darah yang membeku akibat benturan atau jatuh pada tubuh anak kita, bukan saja untuk anak kecil untuk orang dewasa juga bagus

Nah begitu khasiat kapur sirih sebagai obat tradisional buat pengobatan pertama pada pembengkakan anggota tubuh.

7 komentar:

  1. mau tnya kegunaan kapur sirih dalam perendaman sawut buah yang dijadikan tepung..?

    BalasHapus
  2. Tempat yang biasanya nyedia'in kapur sirih itu biasanya toko apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasar tradisional aj bu.saya ada jual kapur sirih

      Hapus
  3. Pasar tradisional itu kayak gimana??

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Kapur sirih terbuat dari cangkang kerang yang dibakar bukan dari gunung kapur.

    BalasHapus
  6. Kapur sirih bahaya gak dikonsumsi?

    BalasHapus