Jumat, 18 November 2011

Komputer Tablet: Beli Sekarang atau Tunggu?


Komputer tablet yang akhir-akhir ini menghebohkan dunia, membuat kita sangat tergiur untuk segera memilikinya. Sebut saja, iPad buatan Apple yang begitu mempesona, Galaxy Tab buatan Samsung yang menjadi rivalnya, dan masih banyak lagi dari produsen-produsen lain.
Salah satu alasan kuat untuk kita membeli komputer tablet adalah kepraktisannya, karena banyak dari kita tidak memerlukan laptop yang terlalu canggih yang bisa melakukan segala hal. Cukuplah sebuah tablet yang ringan, mudah dibawa dan cukup cepat untuk menjalankan aplikasi harian kita, seperti internet, email, catatan, agenda. Karena itulah komputer tablet menjadi magnet yang mempunyai daya tarik kuat, sehingga semua orang ingin memilikinya.
Tapi, apakah sekarang saat yang tepat untuk membeli komputer tablet? Bagaimana tren-nya tahun depan? Apakah harganya akan turun? Mari kita ulas satu persatu.
Tahun depan, beberapa vendor sudah merencanakan untuk meluncurkan komputer tablet buatan mereka dengan teknologi yang mengikutinya. Yang layak dinantikan, antara lain:
  • iPad 2, iPad 2 diperkirakan akan mulai dipasarkan musim semi tahun depan atau sekiar bulan April – Mei 2011 di Amerika Serikat. Dilengkapi dengan kamera depan dan belakang, bingkai karbon fiber, bentuk yang lebih tipis, Apple telah membuat iPad menjadi magnet yang kuat, sehingga setiap orang ingin memilikinya. Tentu saja iPad 2 diharapkan lebih bagus dari pada iPad yang sudah beredar saat ini
  • Blackberry Playbook, tablet 7 inchi keluaran RIM ini juga akan diluncurkan awal tahun 2011, dan mengingat kekuatan ponsel Blackberry saat ini, Playbook sangat layak untuk ditunggu. Para pengamat bahkan meramalkan akan menjadi saingan berat iPad dan Galaxy Tab
  • Tablet WebOs, HP baru saja mengakuisisi Palm dengan WebOs-nya dan para pengamat memprediksikan bahwa HP akan segera memproduksi komputer tablet yang berbasiskan WebOS. Mengingat reputasi HP, tablet ini pasti akan memenangkan hati para penggemarnya
  • Tablet Android, seperti yang kita ketahui, sistem operasi Android yang dipasang pada tablet seperti Galaxy Tab dan beberapa lainnya, belum dirancang untuk komputer tablet. Samsung telah melakukan banyak modifikasi sehingga Android cukup cantik dipasang di Galaxy Tab. Namun, dengan makin berkembangnya tablet, dapat dipastikan bahwa Android yang khusus untuk tablet akan segera diluncurkan tahun depan
Bagaimana dengan harga?
Komputer tablet, seperti elektronik pada umumnya, mengalami penurunan harga dari waktu ke waktu. Membeli tablet tahun depan pasti lebih murah dibandingkan membelinya sekarang, atau setidaknya, bila harganya sama, kita akan mendapatkan tablet dengan spesifikasi yang lebih bagus.
Memang ada pertimbangan lain, yaitu, tablet saat ini merupakan teknologi yang baru saja diperkenalkan ke pasar, jadi harganya masih relatif tinggi. Bandingkan dengan netbook, pertama diluncurkan hingga sekarang, harga rata-ratanya telah mengalamip penurunan hingga 50%. Jadi, jika tahun depan makin banyak vendor yang memproduksi tablet, dapat dipastikan, harganya makin turun. Ingat harga handphone yang pertama? Motorola yang sebesar sepatu, pertama kali dijual dengan harga 20 juta :) , dan harga handphone sekarang ada yang 100 ribu-an.
Kesimpulan
Akhirnya keputusan membeli tetap ada ditangan Anda, apakah Anda akan membelinya sekarang atau tahun depan. Jika Anda mempertimbangkan teknologi, teknologi juga terus berkembang, setelah tahun depan, pasti ada kabar tentang perkembangan teknologi yang lebih baru, lebih cepat, lebih ringan, dst. Jika pertimbangan Anda di harga, seperti barang elektronik lain, tablet pasti akan turun jika makin banyak kompetitor dan ada teknologi baru.
Saran saya, sesuaikan antara kebutuhan dan dana Anda, jujurlah pada diri sendiri, apakah Anda benar-benar memerlukannya? Layakkah Anda membelanjakan dana sekian itu untuk kebutuhan tersebut? Jangan membeli karena teman kantor Anda sudah mulai pakai. Pertimbangkan baik-baik sebelum membeli, apakah Anda benar-benar dapat merasakan manfaatnya, atau hanya membeli karena gengsi.
Bagaimana pendapat Anda?http://blog.anugrahpratama.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar