Rabu, 23 November 2011

Mana Yang lebih Utama Nabi, Rasul, Malaikat?

Assalamu`alaikum, nabi, rasul dan malaikat masing-masing memiliki keutamaan tetapi di antara ketiganya mana yang lebih utama?
"Sesungguhnya pendalaman masalah perbedaan kelebihan antara manusia yang shalih dengan malaikat adalah termasuk berlebih-lebihan dalam ilmu yang manusia tidak dituntut untuk memahaminya dan mengetahuinya. Para ulama telah berbeda pendapat dalam masalah ini, masing-masing memiliki nash-nash yang digunakan untuk berhujjah dengannya. Akan tetapi yang benar menurut kami adalah bahwa para Nabi dan Rasul lebih utama daripada para malaikat. Adapun jika perbedaan keutamaan itu di antara malaikat dengan manusia biasa yang shalih, maka yang rajih adalah bahwa orang-orang shalih itu lebih utama daripada para malaikat jika dilihat dari sisi hasil akhir yang didapatkan. Allah  telah menyiapkan untuk orang-orang shalih tersebut pahala yang tidak didapatkan oleh para malaikat sebagaimana yang kita ketahui. Bahkan para malaikat pada kedudukannya yakni pada kedudukan orang-orang shalih, yaitu di sorga, mereka masuk menemui mereka dari segenap pintu seraya mengucakan selamat:
""Salamun `alaikum bima shabartum (keselamatan atasmu berkat kesabaranmu )"". Maka alangkah baiknya tempat kesudahan itu."" (QS. Ar-Ra`d: 24)
Adapun dari sisi permulaan, maka sesungguhnya para malaikat lebih utama dikarenakan mereka diciptakan dari cahaya, dan diciptakan untuk tetap berada di atas ketaatan kepada Allah  dan kekuatan untuk senantiasa taat sebagaimana Allah  berfirman tentang malaikat penjaga neraka:
""Penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan."" (QS. At-Tahrim: 6)
Dan Allah  berfirman:
""Dan malaikat-malaikat yang di sisi-Nya, mereka tiada mempunyai rasa angkuh untuk menyembah-Nya dan tiada (pula) merasa letih. Mereka selalu bertasbih malam dan siang tiada henti-hentinya."" (QS. Al-Anbiya: 19-20)
Wallahu a`lam. (AR) "Sumber: http://qiblati.com/mana-yang-lebih-utama-nabi-rasul-malaikat.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar