Rabu, 23 November 2011

Manakah Yang Lebih Bermanfaat, istighfar, ataukah tasbih?

Mudah-mudahan Allah memberkatimu di majalah Qiblati anda yang baik dan satu-satunya di kelasnya. Aku ingin bertanya manakah yang lebih bermanfaat, istighfar ataukah tasbih?
"Kami berterima kasih atas pujian anda terhadap majalah Qiblati, dan kami memohon kepada Allah  agar kami menjadi lebih baik dari persangkaan anda, dan mengampuni kami dari hal-hal yang tidak anda ketahui.
Berkenaan dengan pertanyaan anda, maka Imam Ibnu Taimiyah  telah menyebutkan sebuah ungkapan indah tentangnya. Dia berkata: ""Jika sebuah baju dalam keadaan bersih, maka mewangian dan air bunga lebih bermanfaat baginya, dan jika baju tersebut kotor, maka sabun dan air panas lebih bermanfaat baginya."" (al-Wabilus Shayib (1/112))
Maka tasbih adalah wewangian orang-orang bersih, dan istighfar adalah sabunnya ahli maksiat.
Dia  berkata dalam al-Fatawa (11/698): ""Istighfar termasuk kebaikan terbesar, dan babnya luas, maka barangsiapa merasa kurang dalam ucapan, perbuatan, keadaan, rizqi atau bolak-baliknya hati maka wajib atasnya untuk bertauhid dan beristighfar. Maka pada keduanya terdapat obat jika keduanya dilakukan dengan jujur dan ikhlash. Wallahu a`lam. (AR) "qiblati.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar