10. Jalan Lintas Stelvio Trollstigen di Italia:
9. Jalan A682 di Inggris:
8. Trollstigen di Norwegia:
7. Jalan Patiopoulo – Perdikaki di Yunani:
6. Jalan Raya James Dalton di Alaska:
5. Jalan Raya Sichuan – Tibet di Cina:
4. Jalan Siberia ke Yakutsk di Rusia:
3. Ruta 5 Jalan Antara Arica ke Iquique di Chili:
2. Terowongan Guoliang di Cina:
1. Jalan Maut di Bolivia:
Jalan
ini merupakan jalan lintas gunung yang tertinggi di Alpen timur dan
kedua yang tertinggi di pegunungan Alpen sesudah jalan Col de I’lsevon
(2.770m). Jalan lintas Stelvia ini menghubungkan daerah Valtellina
dengan lembah Adige atas serta Merano. Letaknya di pegunungan Alpen
Italia, dekat Bormio dan Sulden, 75km dari Bolzano, dekat perbatasan
dengan Swiss.
Jalan
A682 ini terletak antara belokan 13 jalan M65 dengan Long Preston, dan
menjadi jalan terburuk di Inggris sebab selama 10 tahun terakhir telah
menyebabkan hamper 100 kecelakaan. Jalan A682 itu berupa satu jalur
sepanjang 14 mil membentang dari belokan 13 jalan M65 dekat Nelson,
Lanchs, ke long Preston di YorkShire utara. Dalam 3 tahun terakhir,
terjadi 22 kecelakaan berat – dua diantaranya memakan korban jiwa. Para
ahli menyimpulkan setiap tahunnya terjadi 0.5 kematian untuk setiap 10
mil.
Di waktu subuh hari minggu, jalan itu menjadi favorit bagi pengendara sepeda motor.
Di waktu subuh hari minggu, jalan itu menjadi favorit bagi pengendara sepeda motor.
Trollstigen (tangga Troll) adalah jalan
pegunungan di Rauma, Norwegia. Itu merupakan bagian dari jalan nasional
Noerwegia no. 63 yang menghubungkan Andalsues di Rauma dengan Valldal
di Norddal. Jalan ini menjadi daya tarik popular bagi para turis karena
kecuramannya yang 9% dan adanya sebelas tikungan amat tajam yang
menanjak di lereng gunung. Makin ke atas jalan makin menyempit dengan
belokan-belokan tajam. Meski di tahun-tahun belakangan sudah diperlebar,
kendaraan yang panjangnya lebih dari 12.4m dilarang melewati jalan
tersebut.
Ini
berupa lintasan sempit, kotor, padat lalu-lintasnya, membentang dari
Patiopoulo ke Perdikaki di Yunani. Jalannya memiliki tanjakan dan
turunan yang curam, berbahaya sebab banyak lubang besar namun sedikit
pengaman bagi kendaraan yang melintas disitu. Jalannya sempit, serta di
kiri dan kanannya langsung berhadapan dengan jurang tanpa ada pagar
pengaman atau apapun yang bisa menahan kendaraan jatuh ke bawah. Setiap
tahun banyak orang tewas disini. Jalan itu dipakai oleh pejalan kaki,
ternak, truk, bus dan mobil. Ini betul-betul jalan yang berbahaya,
sebagian besar hanya ada kerikil di permukaannya. Tidak ada garis tanda
apapun yang menandai di mana pinggiran jalannya. Malam hari jalan ini
semakin berbahaya dan kebanyakan kecelakaan terjadi di malam hari.
Jalan
raya James Dalton ini adalah jalan berkerikil sepanjang 414 mil. Dari
belokan Livengood di jalan raya Elliot, lurus menuju utara, melintasi
tundra kutub sampai ke bagian-bagian paling utara Alaska. Alyeska
membangun bagian jalan yang sulit sepanjang 360 mil, sekarang dikenal
sebagai jalan raya Dalton, dari sungai Yukon ke Teluk Prudhoe, dengan
biaya 150 juta dollar guna memasok fasilitas minyak di dataran utara.
Jembatan jalur pipa menyeberangi sungai Yukon (sungai ini panjangnya
1875 mil) adalah satu-satunya tempat penyeberangan sungai di Alaska itu.
Di
Cina, angka kematian oleh kecelakaan lalu lintas hamper berlipat dua
selama 20 tahun terakhir (1985-2005), naik dari 3.9 ke 7.6 per 100.000
warga. Salah satu penyumbangnya tak pelak lagi adalah jalan raya Sichuan
– Tibet, sebuah jalan di dataran tinggi antara Chengdu dan Tibet
dimana sering terjadi tanah longsor dan longsoran batu.
Jalan raya tersebut mempunyai panjang 2.412km, mulai dari Chengdu di Sichuan di sebelah timur dan berakhir di Lhasa, Tibet di sebelah barat. Jalan itu membentang melalui Ya’an, Garze dan Chamdo, menyelusuri 14 gunung yang tingginya rata-rata 4.000-5.000 meter, menyeberangi lusinan sungai terkenal (seperti sungai Dadu, Jinsha, Lantsang, Nujiang), melintasi hutan tua dan banyak sekali bagian berbahaya. Namun dibalik itu, sepanjang jalan tersaji pemandangan spektakuler dan juga dijumpai budaya etnis yang unik
Jalan raya tersebut mempunyai panjang 2.412km, mulai dari Chengdu di Sichuan di sebelah timur dan berakhir di Lhasa, Tibet di sebelah barat. Jalan itu membentang melalui Ya’an, Garze dan Chamdo, menyelusuri 14 gunung yang tingginya rata-rata 4.000-5.000 meter, menyeberangi lusinan sungai terkenal (seperti sungai Dadu, Jinsha, Lantsang, Nujiang), melintasi hutan tua dan banyak sekali bagian berbahaya. Namun dibalik itu, sepanjang jalan tersaji pemandangan spektakuler dan juga dijumpai budaya etnis yang unik
Jalan
raya federal Rusia ini menghubungkan Moskow dengan Yakutsk di mana
pernah tercatat suhu terdingin di luar Antartika. Yakutsk adalah kota
terbesar yang pernah dibangun di atas tanah yang selalu beku. Kebanyakan
rumah dibangun diatas balok-balok beton karena tanahnya beku sepanjang
waktu.
Apa hubungan semua itu dengan kenyataan sebagai salah satu jalan paling berbahaya di dunia?
Selama musim dingin yang kira-kira 10 bulan, berkendaraan ke dan dari Yakutsk menghadapi tantangan salju lebat, es dan penglihatan terbatas. Namun kondisi jalan di musim dingin ini bagaikan piknik saja bila dibandingkan dengan kondisinya di bulan Juli dan Agustus ketika hujan musim panas menghantam jalan tak beraspal itu membuatnya menjadi kubangan Lumpur.
Jalan tersebut tak bisa diaspal atau diperluas karena tanahnya selalu beku. Bisa sampai terjadi ribuan kemacetan lalu lintas di masa seperti itu, dan di saat-saat kemacetan seperti itu, para pengendara dan pemakai jalan lainnya yang terjebak, bisa melewatkan waktu dengan menjarah, berkelahi atau menculik orang-orang yang lewat. Itulah bajak lumpur Siberia.
Apa hubungan semua itu dengan kenyataan sebagai salah satu jalan paling berbahaya di dunia?
Selama musim dingin yang kira-kira 10 bulan, berkendaraan ke dan dari Yakutsk menghadapi tantangan salju lebat, es dan penglihatan terbatas. Namun kondisi jalan di musim dingin ini bagaikan piknik saja bila dibandingkan dengan kondisinya di bulan Juli dan Agustus ketika hujan musim panas menghantam jalan tak beraspal itu membuatnya menjadi kubangan Lumpur.
Jalan tersebut tak bisa diaspal atau diperluas karena tanahnya selalu beku. Bisa sampai terjadi ribuan kemacetan lalu lintas di masa seperti itu, dan di saat-saat kemacetan seperti itu, para pengendara dan pemakai jalan lainnya yang terjebak, bisa melewatkan waktu dengan menjarah, berkelahi atau menculik orang-orang yang lewat. Itulah bajak lumpur Siberia.
Jalan
antara Arica ke Iquique ini terkenal berbahayanya, melalui
lembah-lembah teramat dalam dan berkelok-kelok, serta di dasar lembah
nampak banyak kerangka mobil korban kecelakaan. Kadang-kadang bila anda
di situ menyaksikan mobil dan bis melintas dengan kecepatan tinggi,
anda mungkin mengira mereka dengan bodohnya menantang maut atau mereka
justru hantu yang sedang lewat. Penampakan seperti itu dimungkinkan
oleh pemandangan sekitarnya yang sunyi terpencil dan berwarna
membosankan. Maka bila berkendaraan di sana harus dengan konsentrasi
penuh dan menghindari mengkonsumsi bahan-bahan yang dapat menyebabkan
halusinasi.
Jalan
di pegunungan Taihang ini dibangun oleh penduduk desa setempat.
Diperlukan 5 tahun untuk menyelesaikan terowongan sepanjang 1.200 meter
itu, dengan tinggi kira-kira 5m dan lebar 4m. Sejumlah penduduk tewas
oleh kecelakaan selama pembuatannya; namun penduduk lainnya dengan tabah
tetap melanjutkannya.
Pada tanggal 1 Mei 1977, terowongan itu dibuka untuk lalu lintas. Letaknya di provinsi Hunan, Cina.
Pada tanggal 1 Mei 1977, terowongan itu dibuka untuk lalu lintas. Letaknya di provinsi Hunan, Cina.
Jalan
Yungas Utara, juga dikenal sebagai jalan maut, membentang sejauh 61
sampai 69 km dari La Paz (ibukota Bolivia) ke Coroico di daerah Amazon
di kawasan Yungas, Bolivia. Begitu berbahayanya hingga melegenda. Pada
tahun 1995 Inter American Development Bank membabtisnya sebagai “jalan
paling berbahaya di dunia”. Diperkirakan 200-300 orang tewas tiap tahun
di jalan tersebut. Sepanjang jalan itu banyak salib berdiri menandai
banyak tempat kendaraan-kendaraan mengalami kecelakaan.
Di akhir 2006, setelah dibangun selama 20 tahun, sebuah jalan baru (by-pass) dari La Paz ke Coroico dibuka untuk umum. Jalan baru ini mencirikan konstruksi modern (jembatan, drainase, dll), jalur ganda, trotoar, pagar pengaman dan banyak elemen lain yang membuatnya jauh lebih aman dibandingkan jalan lama. Akibatnya sekarang ini jauh lebih sedikit orang memakai jalan Yungas Utara yang lama, meski justru banyak para petualang bersepeda menikmati sensasi bahaya di sana
Di akhir 2006, setelah dibangun selama 20 tahun, sebuah jalan baru (by-pass) dari La Paz ke Coroico dibuka untuk umum. Jalan baru ini mencirikan konstruksi modern (jembatan, drainase, dll), jalur ganda, trotoar, pagar pengaman dan banyak elemen lain yang membuatnya jauh lebih aman dibandingkan jalan lama. Akibatnya sekarang ini jauh lebih sedikit orang memakai jalan Yungas Utara yang lama, meski justru banyak para petualang bersepeda menikmati sensasi bahaya di sana
Tidak ada komentar:
Posting Komentar