Sabtu, 01 Oktober 2011

Manfaat Jahe – Tak Hanya Sekedar Minuman Penghangat Badan


tahukah Anda manfaat jahe bagi kesehatan? Jahe (Zingiber officinale) adalah tanaman obat asli Asia dari rumpun batang semu. Manfaat jahe yang sangat baik bagi kesehatan membuat tanaman ini terkenal hingga ke India, Jamaika, Australia, Cina, dan hampir di seluruh penjuru dunia.
Tumbuhan penghangat badan ini dibagi menjadi 3 jenis berdasarkan pada bentuk, ukuran, serta warna rimpangnya, yaitu: Jahe putih kecil, Jahe putih besar, dan Jahe merah.

Jahe telah dikenal bermanfaat sebagai minuman penghangat badan

Manfaat jahe tidak hanya dapat digunakan sebagai minuman penghangat badan, namun rimpang jahe juga banyak digunakan masyarakat sebagai bumbu masakan hingga pemberi aroma roti, maupun kue.
Para produsen obat juga banyak yang menggunakan jahe sebagai bahan baku produk mereka setelah mengetahui bahwa manfaat jahe bagi kesehatan sangatlah baik. Selain itu, manfaat jahe juga dapat diolah menjadi asinan, acar, lalap, sirup, hingga minyak wangi. Bahkan, saat ini banyak petani cabe yang memanfaatkan jahe untuk pestisida alami bagi tanaman mereka.

Manfaat jahe untuk kesehatan

Berdasarkan berbagai penelitian modern yang dilakukan oleh para ahli, diketahui beberapa manfaat jahe untuk kesehatan sebagai berikut:
  • Jahe dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Manfaat jahe ini dapat kita peroleh karena jahe memiliki kemampuan untuk memperlebar pembuluh darah dan merangsang pelepasan hormon adrenalin. Karena hal tersebut, darah dapat mengalir lebih cepat dan lebih lancar.
  • Jahe dapat membantu memperlancar proses pencernaan. Hal ini dikarenakan jahe memiliki beberapa kandungan enzim protease dan lipase yang dapat mencerna protein serta lemak dalam tubuh.
  • Jahe dapat membantu membersihkan tubuh dari darah kotor dengan membantu mengeluarkan keringat dari dalam tubuh.
  • Jahe dapat mengobati mual dan muntah, menambah nafsu makan, memperkuat otot usus, mengatasi batuk, dll. Manfaat jahe ini dapat kita peroleh karena jahe memiliki kandungan minyak gingerol yang dapat memblok serotonin dan menjadi bau harum khas jahe.
  • Jahe dapat mencegah penggumpalan darah. Jahe mengandung Gingerol yang menjadi antikoagulan (pencegah penggumpalan darah).
  • Jahe dapat menetralkan radikal bebas yang ada pada tubuh karena jahe juga memiliki kandungan Antioksidan yang cukup tinggi.
jadi Anda tertarik mengkonsumsi Jahe?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar