Rabu, 14 Maret 2012

Makanan Terbaik 'Bersihkan' Pencernaan

Bersihkan usus besar dengan menu diet tepat agar Anda terbebas dari gangguan pencernaan.

 

VIVAnews - Tuntutan dan tekanan kehidupan sehari-hari membuat sebagian orang dewasa mengalami gangguan pencernaan, terutama usus besar. Sebagai bagian bawah sistem pencernaan, usus besar berfungsi menyerap nutrisi sisa dari makanan dan mengelurkan kotoran.

Bila pencernaan tidak lancar, Anda bisa mengalami sembelit atau konstipasi. Proses di usus besar yang lamban menyebabkan ketidaknyamanan. Bila dibiarkan terus menerus, dalam jangka panjang, berbagai penyakit dapat bersarang di tubuh seperti kanker colon. Membersihkan usus besar (colon cleansing) dengan menu diet tepat adalah salah satu cara agar Anda dapat membersihkan usus besar dan menjaga kesehatannya.

Langkah 1Mulailah hari dengan sarapan kaya serat. Menurut Mayo Clinic, makan sedikitnya 20-35 gram serat setiap hari. Sarapan yang dianjurkan mencakup buah kaya serat, seperti apel, kurma, mangga dan buah prune. Makan buah-buahan sendiri atau campur dengan oatmeal dan sereal gandum.

Langkah 2Lanjutkan membersihkan usus dengan ngemil kacang dan biji-bijian sepanjang hari. Kacang dan biji-bijian mengandung lemak tertentu dan membantu menambah serat dalam diet. Segenggam biji rami yang dicampurkan dalam jus buah atau beberapa buah kenari dalam salad cukup memenuhi kebutuhan serat dalam camilan.

James F. Balch, MD, penulis buku "Prescription untuk Natural Cures," merekomendasikan memakan setidaknya 1-2 sendok makan biji rami tiap hari agar usus tetap sehat.

Langkah 3Asup kacang dalam menu harian. Pilihan menunya, selai kacang saat sarapan atau buncis untuk makan malam. Kacang mengandung serta yang akan membersihkan usus. Tambahkan kacang-kacangan dalam salad segar dan sayuran mentah agar rasanya lebih nikmat.

Langkah 4Mengonsumi makanan fermentasi untuk menjaga usus besar Anda tetap sehat. Balch merekomendasikan menambahkan yogurt, terumta dalam menu diet. Makanan ini membantu keseimbangan flora usus dan  menjaga pergerakan usus Anda secara teratur.

Langkah 5Minum banyak cairan untuk menjaga kesehatan usus besar. Mayo Clinic menyarankan minum air dalam jumlah cukup agar tubuh terhidrasi. Kebutuhan cairan seseorang tergantung banyak faktor, termasuk usia, tingkat aktivitas, kesehatan secara keseluruhan dan kriteria lainnya. Pastikan menyiapkan gelas di atas meja kerja dan membawa botol air minum selama perjalanan. Jangan biarkan tubuh Anda menjadi terlalu haus. (umi)
• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar