Rabu, 14 Maret 2012

5 makanan sehat untuk hati

Buat elo semua yang pengin tau, ada banyak makanan yang dapat menguatkan kondisi liver (hati) Anda, dikutip dari webMD inilah 5 diantaranya :
1. Blueberry
Blueberry tidak hanya enak, tapi juga kaya akan antioksidan. Antioksidan yang ada pada blueberry dipercaya dapat mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) di dinding darah yang dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular dan stroke. Sebuah studi menunjukkan bahwa blueberry merupakan antioksidan nomor 1 ketika dikombinasikan dengan 40 jenis buah dan sayuran segar.
Antioksidan mampi menetralisir sisa metabolisme yang biasa kita kenal dnegan radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker dan penyakit degeneratif lainnya. Anthocyanin, antioksidan yang dapat memberikan keuntungan bagi kesehatan Anda. Zat ini juga dapat Anda temukan di blackberries, raspberries hitam, blackcurrants, dan anggur merah.
2. Salmon
Daging ikan salmon memiliki kandungan lemak sehat, yakni yang biasa kita sebut dengan asam lemak omega-3. Minyak ikan seperti salmon, juga terdapat pada ikan mackarel, herring, dan sardines. Lemak ini dipercaya dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dengan cara menurunkan tingkat triglyceride (lemak darah yang berhubungan dengan penyakit jantung dan diabetes) di dalam tubuh. American Heart Association (AHA) merekomendasikan untuk mengonsumsi ikan paling tidak dua kali seminggu.
3. Protein kedelai
Kedelai kaya akan asam lemak omega-3, protein, vitamin, dan mineral. Selain itu, kedelai juga bisa menjadi alternatif pengganti menu daging merah. Keuntungan lainnya, kedelai juga rendah lemak dan kaya akan serat yang tidak ada pada daging.
Sebuah studi menunjukkan, orang dengan kolesterol yang tinggi ketika mengonsumsi kedelai yang dikombinasikan diet rendah lemak, dapat menurunkan kolesterol. AHA dan FDA merekomendasikan untuk mengonsumsi kedelai sekitar 28 gram perhari. Anda juga bisa mengonsumsi produk-produk kacang kedelai seperti susu kedelai, tahu, tempe, sereal yang difortifikasi, atau tepung kedelai.
4. Oatmeal
Setengah cangkir oatmeal perhari mengandung sekitar 130 kalori dan 5 gram serat yang menyehatkan jantung yang dapat membantu Anda menurunkan kadar kolesterol dan menjaga berat badan Anda ke level yang mneyehatkan.
Keuntungan lain dari mengonsumsi oatmeal adalah sifatnya yang membuat Anda kenyang dalam jangka waktu yang cukup lama. Selain oatmeal, Anda juga bisa mengonsumsi produk gandum utuh lain seperti pasta dan roti gandum.
5. Bayam
Sayuran dengan warna daun hijau tua ini kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang dapat menangkal penyakit kardiovaskular. Bayam juga mengandung asam lemak omega-3. Selain itu, bayam juga kaya akan folat yang dapat mengurangi kadar asam amino homocyestine yang dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular dalam darah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar