Selasa, 20 Maret 2012

Keren! Ada Gemerlap Cahaya di Lautan Maladewa


Gemerlap phytoplankton bioluminescence di pantai Pulau Vaadhoo (nationalgeographic.com)

Gemerlap phytoplankton bioluminescence di pantai Pulau Vaadhoo (nationalgeographic.com)

Foto Selengkapnya:
Baru-baru ini terjadi fenomena alam yang sangat eksotis di Maladewa. Ribuan pendaran cahaya terbawa ombak menuju Pulau Vaadhoo. Seperti melihat kumpulan bintang, namun tersebar di pinggir pantainya!

Beruntunglah Anda yang berkunjung ke Maladewa beberapa waktu lalu. Soalnya, ada fenomena alam yang akan membuat mulut Anda ternganga. Fenomena ini terjadi di Pulau Vaadhoo, Maladewa. Ribuan pendaran cahaya berukuran kecil tersebar di sepanjang pantainya, membuat sebuah garis ombak yang sangat indah dipandang mata!

Dilansir dari situs nationalgeographic.com, Rabu (19/3/2012), cahaya biologis yang disebut bioluminescence ini dihasilkan oleh hewan super kecil yang hidup di lautan, yaitu phytoplankton. Menurut para peneliti, memang ada beberapa spesies phytoplankton yang punya bioluminescence. Mereka tersebar di seluruh samudera di dunia.

Spesies phytoplankton bioluminescence yang paling banyak ditemui yaitu dinoflagellates. Jika beruntung, Anda akan melihat mereka naik ke permukaan laut dan memendarkan cahaya di tengah laut yang gelap gulita. Maladewa bukan satu-satunya tempat yang pernah mengalami fenomena ini. Sebelumnya, Pulau Lakshadweep di India juga pernah dihinggapi phytoplankton ini.

Fenomena ini menambah daya tarik Maladewa sebagai destinasi bahari terkemuka di dunia. Pantai yang eksotis, titik penyelaman yang luar biasa indah, serta jejeran resor menjadikan Maladewa sebagai eskapisme favorit para pecinta lautan. Tak ada salahnya jika Anda berencana untuk berlibur ke sini, siapa tahu Anda bisa menyaksikan sendiri fenomena alam yang sangat cantik ini.detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar