Sesuatu yang paling layak untuk dihafal adalah Al-Quran, ia merupakan firman Allah, pedoman hidup umat Islam, sumber dari segala sumber hukum, dan bacaan yang paling sering diulang-ulang oleh umat muslim. Mahasiswa sebagai calon intelektual muslim hendaknya meletakkan hafalan Al-Quran sebagai prioritas kegiatannya.
Inilah intisari dari pemikiran Imam Yahya bun Syaraf An-Nawawi dalam kitab “Al-Majmu”:
“ Hal Pertama ( yang harus
diperhatikan oleh seorang penuntut ilmu ) adalah menghafal Al Quran,
karena ia adalah ilmu yang terpenting, bahkan para ulama salaf tidak
akan mengajarkan hadis dan fiqh kecuali bagi siapa yang telah hafal Al
Quran. Kalau sudah hafal Al Quran, berhati-hatilah dalam menyibukkan
diri mempelajari hadis dan fiqh atau pelajaran lainnya, yakni kesibukan
yang bisa menyebabkan hilangnya sebagian hafalan Al Quran atau
beerpotensi lupa. “ Imam Nawawi, Al Majmu’,( Beirut, Dar Al Fikri, 1996 ) Cet. Pertama, Juz : I, hal : 66
Faktanya tidak semua orang yang
memiliki niat untuk menghafalkan al-Quran mampu merealisasikan niatnya,
juga tidak semua orang yang menghafal bisa tuntas sampai 30 juz, dan
tidak semua orang yang hafal 30 juz mampu membaca “bil ghaib” dengan
lancar dan baik. Demikian juga, tidak semua hafidz diberikan karunia
untuk menjadikan hafalannya sebagai dzikir yang selalu dilantunkannya
secara istiqamah sampai akhir hayatnya. Untuk itul, perlu kiranya
seorang mahasiswa melakukan pengaturan (manajemen) secara sistematis,
agar target yang direncanakan bisa tercapai.
A. Manajemen niat
Bagi mereka yang pernah menghafal,
baik hingga selesai maupun berhenti di tengah perjalanan, pasti
mempunyai motivasi-motivasi tertentu, atau paling tidak, ada mitos-mitos
yang menggerakkan hati dan pikiran untuk menghafal. Adakalanya mereka
termotivasi oleh adanya pemuliaan, penghormatan dari masyarakat,
kemudian tergerak hatinya untuk meraih ‘prestise’ tersebut. Atau juga
karena tergiur dengan predikat sebagai calon penghuni surga yang kelak
bila meninggal jasadnya akan tetap utuh. Bisa juga termotivasi oleh
hidup “glamour”nya para hafidz yang sering mendapatkan job “khataman”
serta pulang dengan membawa berkat dan amplop tebal.
Patut disyukuri memang, gara-gara
motivasi dan mitos di atas, banyak dari mereka yang akhirnya bisa hafal
al-Quran dengan baik. Hanya saja, secara normatif-etis mitos-mitos itu
jelas tidak bisa dibenarkan secara aqidah sebab lebih mendahulukan li ajlin naas-nya daripada li ajlillaah. Ini berbahaya, al-Quran yang semestinya sebagai al-huda, al-furqan, adz-dzikr telah dimanipulasi menjadi sumber penghasilan (ma’isyah),
atau sebagai wahana unjuk kehebatan dan kesalehan. Biarlah, yang sudah
terjadi biarlah berlalu, selanjutnya ditata kembali dengan niat yang
lebih ikhlas.
Sebenarnya yang paling esensi dari
al-Quran adalah pesan yang dikandungnya. Ibarat secarik kertas yang
berisi route perjalanan bagi seorang musafir. Kalau kertas tersebut
hanya dibaca keras dan tidak berusaha difahami isinya, sangat mungkin
orang itu akan tersesat. Demikian halnya seorang muslim yang hanya
menjadikan al-Quran sebagai mantra, jimat, ornamen, dan tidak
memposisikannya sebagai pesan ilahi, oleh Allah ia laksana keledai yang
dipundaknya dipenuhi buku-buku, kamatsalil himar yahmilu ashfara.
Konsekuensi dari motivasi yang salah tersebut, sering seorang hafidz itu menonjolkan performance
inklusif agar dimuliakan orang lain atau dia enggan bekerja ‘kasar’
sebagaimana orang kebanyakan, khawatir akan menurunkan kredibilitas
kehafidzannya. Lebih-lebih lagi, na’udzubillah, ada hafidz yang mempromosikan diri supaya diundang khataman, sambil melakukannya dengan bacaan hadr (super cepat) dan membayangkan berapa honor yang akan diterimanya. Bisa jadi, akhirnya dia pulang menggerutu, bila ternyata bisyarah
yang diterimanya lebih kecil dari yang terbayang. Tidak sedikit pula,
hafidz yang ‘malas’ memahami isi kandungan al-Quran, bahkan isi
surat-surat pendek pun tidak tahu artinya, meski sudah hafal puluhan
tahun.
Hendaknya yang dijadikan target utama dari menghafal adalah kemamampuan memahami al-Quran. Kompetensi hafalan merupakan wasilah
(media) efektif untuk lebih memahami al-Quran secara holistik
(menyeluruh). Tidak sebaliknya, sesuatu yang semestinya sebagai media
dijadikan tujuan (ghayah).
Lalu mengapa al-Quran itu dihafal?
Untuk meluruskan penyelewengan motivasi di atas, berikut ini disajikan
motivasi-motivasi (bukan mitos) menghafal, berdasarkan al-Quran dan
Sunnah Nabi disertai argumentasi rasional yang logis.
1. Al-Qur’an sebagai pemberi syafa’at pada hari kiamat bagi yang membaca, memahami dan mengamalkannya.
Bacalah al-Quran karena kelak ia akan menjadi penolong bagi pembacanya
2. Al-Qur’an menjadi hujjah (pembela) bagi pembacanya dan sebagai pelindung dari azab dunia dan akherat.
Dan al-Quran merupakan hujjah atau pembelamu kelak
3. Pembaca al-Qur’an, khususnya
penghafal al-Quran yang kualitas dan kuantitas bacaannya lebih tinggi,
akan bersama malaikat dan selalu melindunginya dan mengajak pada
kebaikan.
Perumpamaan orang mukmin yang membaca al-Quran dan menjaganya, akan ditemani para malaikat yang mulia dan baik
4. Penghafal al-Qur’an akan
mendapatkan fasilitas khusus dari Allah, yaitu terkabulkannya segala
harapan tanpa harus memohon/berdoa.
Allah berfirman (dalam Hadis
Qudsi: Barang siapa yang disibukkan oleh al-Quran dan mengingat Allah
sehingga lupa memohon, maka aku akan memberinya sesuatu yang terbaik
5. Penghafal al-Qur’an yang membiasakan mujawwad atau murattal akan ditinggikan derajatnya di sisi Allah dan menempati posisi tertinggi di surga nanti.
Dikatakan pada pembaca al-Quran,
bacalah, naiklah dan tartilkanlah bacaanmu sebagaimana engakau
mentartilkan di dunia, karena kedudukanmu di surga sesuai dengan ayat
terakhir yang engkau baca
6. Penghafal al-Qur’an berhak untuk diprioritaskan menjadi imam atau pemimpin, bahkan sampai ia mati kelak.
Yang berhak menjadi imam shalat
adalah orang yang paling baik bacaannya (banyak hafalannya) (HR.
Muslim), Rasulullah pernah mengumpulkan dua korban perang Uhud dalam
satu kain kafan, lalu berkata: siapa dari keduanya yang paling banyak
hafalannya? Setelah ditunjukkan, beliau mendahulukannya untuk dimasukkan
di liang lahat (HR Bukhari).
7. Penghafal al-Qur’an paling layak untuk menjadi teladan atau idola.
Tidaklah hasud dibolehkan kecuali
pada dua orang; (1) orang yang dikarunia kemampuan al-Quran dan
membacanya sambil qiyamul lail dan (2) orang yang dikarunia harta lalu
dia bersedekahsiang dan malam (HR. Bukhari), Diantara wujud pengagungan
pada Allah adalah memuliakan orang tua muslim dan penghafal al-Quran
yang tidak melampaui batas serta memuliakan raja yang adil (HR. Abu
Dawud)
8. Penghafal al-Qur’an, berpotensi untuk mendapatkan pahala yang banyak.
Barang siapa membaca satu huruf
dari al-Quran maka dia mendapatkan satu kebaikan dan satu kebaikan
bernilai 10 kebaikan, seperti alim lam mim masing-masing bernilai 10
kebaikan.
9. Penghafal al-Qur’an bisa membaca
dan memahami al-Qur’an di manapun dan dalam situasi apapun, dia tidak
selalu tergantung dengan mushaf, tempat, waktu, dan posisi tertentu,
sehingga di kantor, di kendaraan, di pasar, bahkan sambil tiduran pun ia
bisa membaca dan memahami al-Quran. Juga aktivitas otak yang tidak
terganggu oleh konsentrasi melihat (mushaf), semakin mudah melakukan tadabburdengan al-Quran.
10. Penghafal al-Qur’an punya daya nalar argumentatif yang komprehensif dan mendalam. Sebagai al-huda
(petunjuk), al-Qur’an sarat dengan nilai-nilai moral, kebenaran ilmiah,
inspirasi untuk berkreasi, terutama dalil-dalil hukum Islam. Dengan
demikian, dia sangat lihai mengulas maksud dari sebuah ayat, dan
mensintesiskan ayat dengan teori serta mengelaborasikan korelasi antar
ayat.
11. Menghafalkan al-Qur’an hukumnya
wajib kifayah, menurut Imam Zarkasyi, Assuyuthi dll, sebab ia bisa
menjaga Al-Quran dari kesalahan bacaan dan penulisan, sehingga
orisinalitas Al-Quran tetap terjaga dari berbagai upaya tahrif
(pemalsuan, perubahan). Jadi, keberadaan penghafal al-Quran adalah
sebagai penggugur kewajiban dan dosa umat muslim di kawasan tertentu.
12. Penghafal al-Qur’an menghabiskan
sebagian besar waktunya (umurnya) untuk mempelajari dan mengajarkan
sesuatu yang bermanfaat dan bernilai ibadah, hal itu menjadikan hidupnya
penuh keberkahan dan Allah memposisikannya sebagai manusia terbaik.
Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar dan mengajarkan al-Quran
13. Penghafal al-Qur’an dijaga dari
godaan nafsu, sebab kesibukan dzikir pada Allah (termasuk baca al-Quran)
akan menghalangi syetan untuk menguasai nafsunya.
Barang siapa lalai dari ingat Allah, akan kami kuasakan atasnya syaitan yang menemaninya
14. Penghafal al-Qur’an termasuk dalam
tujuh golongan yang diberi naungan Allah ketika tidak ada lagi tempat
bernaung di akherat dari dahsyatnya panas neraka.
Tujuh golongan yang akan
mendapatkan naungan Allah, (diantaranya) pemuda yang tumbuh besar dalam
suasana ibadah pada Allah dan seorang laki-laki yang hatinya selalu
bergantung pada masjid.
15. Penghafal al-Qur’an adalah manusia pilihan Allah yang akan dititipi ilmu di dadanya.
Bahkan al-Quran merupakan kemukjizatan yang nyata yang dititipkan Allah di dada orang yang berilmu
16. Membaca al-Qur’an merupakan obat stress, depresi dan lain-lain.
Barang siapa yang berpaling dari
mengingat aku, maka kehidupannya akan sempit dan kami kumpulkan di hari
kiamat dalam keadaan buta
Orang-orang yang beriman dan hati
mereka menjadi tenang dengan mengingat Allah, ingatlah bahwa dengan
mengingat Allah hati menjadi tenang
17. Penghafal al-Qur’an selalu
berlatih untuk kerja keras dan disiplin. Menghafal al-Quran butuh kerja
keras, disiplin, istiqamah selama satu tahun lebih, kebiasaan disiplin
dan konsisten ini menjadi modal penting dalam menggapai kesuksesan
hidup.
18. Al-Qur’an mudah dihafal oleh orang tua, muda, anak-anak dan oleh orang yang tidak faham bahasa Arab sekalipun.
Dan sungguh kami mudahkan al-Quran untuk diingat adakah orang yang mau mengingat?
Jadi, pertama kali yang harus
diperhatikan oleh orang yang ingin menghafal Al-Quran adalah
mengikhlaskan niatnya hanya untuk Allah semata. Dengan niat ikhlas,
Allah akan membantu menjauhkan kita dari rasa malas dan bosan. Suatu
pekerjaan yang diniatkan ikhlas, biasanya akan terus berlangsung.
Berbeda kalau niatnya hanya untuk mengejar materi atau hanya ingin ikut musabaqah,
atau karena hal lain. Hendaknya ia melakukan shalat Hajat dengan
memohon kepada Allah agar dimudahkan dalam menghafal Al-Quran. Waktu
shalat hajat ini tidak ditentukan dan doa’anya pun diserahkan kepada
masing-masing pribadi.
Hal ini sebagaimana diriwayat Hudzaifah ra, yang berkata :
“ Bahwasanya Rasulullah saw jika ditimpa suatu masalah beliau langsung mengerjakan shalat. “
Memperbanyak do’a untuk menghafal
Al-Quran. Do’a ini memang tidak terdapat dalam hadis, akan tetapi
seorang muslim boleh berdo’a menurut kemampuan dan bahasanya
masing-masing. Mungkin anda berdo’a seperti ini :
“ Ya Allah berikanlah kepadaku
taufik untuk menghafal Al-Quran, dan berilah aku kekuatan untuk terus
membacanya siang dan malam sesuai dengan ridha dan tuntunan-Mu, wahai
Yang Maha Pengasih “.
B. Manajemen waktu
Pilihlah waktu yang tepat untuk
menghafal, dan ini tergantung kepada peribadi masing-masing. Akan tetapi
dalam suatu hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra, disebutkan
bahwasanya Rasulullah saw bersabda :
“ Sesungguhnya agama ini mudah,
dan tidak ada yang mempersulit diri dalam agama ini kecuali dia akan
sampai, makanya amalkan agama ini dengan benar, perlahan-lahan, dan
berilah kabar gembira, serta gunakan waktu pagi, siang dan malam (untuk
mengerjakannya) “ ( HR Bukhari )
Umumnya, orang yang menghafalkan al-Quran di pesantren-pesantren menghabiskan waktu 3-4 tahun dengan program takhashshus (tahfidz
intensif/sebagian besar waktunya untuk menghafal). Sebenarnya, kalau
seseorang mampu mengatur waktu dengan baik, pasti akan jauh lebih cepat
dari waktu tersebut. Misalnya, dalam sehari dia menambah hafalan dua
halaman, maka dalam kurun waktu sepuluh bulan (atau max. 12 bulan) sudah
tuntas 30 juz. Atau paling tidak setengah halaman perhari, maka dalam
waktu 40 bulan (3 tahun 4 bulan atau max. 4 tahun). Tentu, dengan syarat
setiap waktu terbuang harus diganti atau dirangkap tanpa kompromi.
Untuk konteks mahasiswa, pengaturan waktu memang lebih rumit dibanding dengan peserta program takhashshus di
pesantren. Mahasiswa memiliki beban ganda yang berat. Terkait dengan
perkuliahan, dia harus mempersiapkan matakuliah setiap hari (min. 1
jam), mengikuti perkuliahan (rata-rata 4 jam sehari selama 5 hari),
mempersiapkan ujian UTS, UAS, kuis (min. 2 jam), menyelesaikan tugas
membuat makalah individu atau kelompok (min. 5 jam). Berikut ini
gambaran perbandingan kegiatan harian antara mahasiswa tahfidz dan
mahasiswa bukan tahfidz:
Tabel 1: Alokasi Ideal Waktu Mahasiswa non Tahfidz dalam 24 Jam
Kegiatan | Alokasi waktu | Prosentase |
Persiapan materi kuliah, ujian dsb | 2 jam | 8,3 % |
Mengikuti perkuliahan, seminar dsb | 4 jam | 16, 6 % |
Menyelesaikan tugas, membuat artikel dsb | 1 jam | 4,1 % |
Organisasi, silaturrahmi, pertemuan dsb | 2 jam | 8,3 % |
Istirahat, sholat, makan dsb | 3 jam | 12,5 % |
Tidur | 8 jam | 33 % |
Bersih-bersih baju, kamar, kerja bakti dsb | 2 jam | 8,3 % |
Hiburan, belanja, jalan-jalan dsb | 2 jam | 8,3 % |
Total | 24 jam | 100 % |
Tabel di atas menunjukkan relatif
longgarnya waktu mahasiswa untuk belajar, ibadah, santai dan istirahat.
Dengan alokasi seperti ini saja mahasiswa yang komitmen dan konsisten
melakukan kegiatan ilmiah dan diniyah, pasti akan mencapai kesuksesan.
Adapun mereka yang mengambil program
tahfidz penuh (30 juz), minimal harus menyisihkan waktunya min. 9 jam
perhari dengan perincian sebagai berikut:
Tabel 2: Durasi Ideal Waktu Mahasiswa Tahfidz
Kegiatan | Durasi |
Penambahan hafalan baru 1 hal | 1 jam |
Pengulangan hafalan baru 1/2 juz | 1 jam |
Setoran hafalan | 2 jam |
Pengulangan harian 3 juz | 2 jam |
Latihan fashohah, terjemah, tafsir | 1 jam |
Total | 9 jam |
Setelah waktu untuk tahfidz ditambahkan dalam kegiatan harian, maka komposisi waktu kegiatan menjadi seperti berikut:
Tabel 3: Alokasi Ideal Waktu Mahasiswa Yang Mengikuti Tahfidz
Kegiatan | Alokasi waktu | Prosentase |
Persiapan materi kuliah, ujian dsb | 1 jam (2-1 jam) | 4,1 % |
Mengikuti perkuliahan, seminar dsb | 2 jam (4-2 jam) | 8,3 % |
Menyelesaikan tugas, membuat artikel dsb | 1 jam | 4,1 % |
Organisasi, silaturrahmi, pertemuan dsb | 1 jam (2-1 jam) | 4,1 % |
Istirahat, sholat, makan dsb | 2 jam (3-1 jam) | 8,3 % |
Tidur | 5 jam (8-3 jam) | 20,8 % |
Bersih-bersih baju, kamar, kerja bakti dsb | 2 jam | 8,3 % |
Hiburan, belanja, jalan-jalan dsb | 1 jam (2-1 jam) | 4,1 % |
Tahfidz | 9 jam | 37,5 % |
Total | 24 jam | 100 % |
Dari tabel di atas, secara jelas diketahui bahwa mahasiswa yang akan menghafalkan al-Quran penuh (30 juz) harus siap melakukan riyadlah (latihan lahir batin) dan mujahadah
(sungguh-sungguh) yang mungkin sangat melelahkan. Tidur yang biasanya
memakan waktu 8 jam dalam sehari semalam, harus dikurangi menjadi 5 jam.
Demikian juga semua kegiatan yang sifatnya rekreatif, penyaluran hobbi
semaksimal mungkin dikurangi, apalagi sekadar ngrumpi, ngobrol, cuci
mata dan sebagainya, mutlak harus ditinggalkan. Ibnu Athaillah (dalam
kitab “Al-Hikam”) mengingatkan pada para pencari kemuliaan:
” Bagaimana mungkin ada akan mendapatkan hal yang luar biasa bila anda tidak keluar dari kebiasaan “
Apabila seorang mahasiswa memiliki
tekad kuat untuk menghafal penuh, maka sebaiknya disusun target secara
sistematis sebagaimana contoh di bawah ini:
Contoh target program hafalan 30 juz (dari nol) selama 4 tahun kuliah
Bulan ke | ||||||
1-2 | 3-4 | 5-6 | 7-8 | 9-10 | 11-12 | |
Tahun pertama(semester 1-2) | Fashahah1-10 | Fashahah11-20 | Fashahah21-30 | Tahfidz Juz 1 | Tahfidz Juz 2 | Tahfidz Juz 3 |
Tahun kedua(semester 3-4) | Tahfidz Juz 4-5 | Tahfidz Juz 6-7 | Tahfidz Juz 8-9 | Tahfidz Juz 10-11 | Tahfidz Juz 12-13 | Tahfidz Juz 14-15 |
Tahun ketiga(semester 5-6) | Tahfidz Juz 16-17 | Tahfidz Juz 18-19 | Tahfidz Juz 20-21 | Tahfidz Juz 22-23 | Tahfidz Juz 24-25 | Tahfidz Juz 26-27 |
Tahun keempat(semester 7-8) | Tahfidz Juz 28 | Tahfidz Juz 29 | Tahfidz Juz 30 | Murajaah 1-10 | Murajaah11-20 | Murajaah 21-30 |
Pada tahun pertama (semester 1 dan 2)
biasanya mahasiswa mendapat beban matakuliah yang banyak (sekitar 24
sks), belum lagi program intensif bahasa dan matrikulasi yang padat,
sehingga dirancang enam bulan pertama (semester 1) mahasiswa hanya
latihan fashahah, tajwid, dan tanda waqaf saja, mulai juz awal sampai
khatam, kemudian pada semester kedua mulai menghafal sedikit demi
sedikit, yakni dalam setiap dua bulan ditargetkan satu juz saja.
Pada tahun kedua ditargetkan satu
bulan satu juz, berarti minimal perhari harus tambah hafalan satu
halaman sehingga dalam waktu 20 hari (dengan asumsi satu juz ada 20
halaman untuk al-Quran pojok mushaf Madinah atau terbitan menara kudus),
sudah genap satu juz dan sisanya dipakai untuk melancarkan.
Setelah mahasiswa memasuki semester
7-8, biasanya mereka sangat disibukkan oleh program KKN, PPL, penulisan
skripsi. Untuk itu target hafalan dikurangi dari dua menjadi satu juz
perdua-bulan. Pada enam bulan terakhir pada tahun keempat, terdapat sisa
waktu yang cukup untuk menyelesaikan target atau kalau sudah selesai,
mereka harus banyak melakukan murajaah dengan harapan dalam
setiap dua bulan (dari 6 bulan terakhir) mampu melancarkan minimal
sepuluh juz yang telah dihafal. Bisa saja, melakukan pentashihan ke
beberapa guru al-Quran di beberapa pondok pesantren.
Adapun waktu yang sangat tepat untuk melakukan murajaah
(pengulangan) hafalan adalah waktu ketika sedang mengerjakan
shalat–shalat sunnah, baik di masjid maupun di kamar ma’had/kos. Hal ini
dikarenakan saat shalat seseorang fokus menghadap Allah, dan fokus
inilah yang membantu kita dalam mengulangi hafalan. Berbeda ketika di
luar shalat, seseorang cenderung untuk bosan berada dalam satu posisi,
ia ingin selalu bergerak, kadang matanya melihat kanan atau kiri, atau
akan melihat obyek yang dianggap menarik, atau bahkan temannya akan
menghampirinya dan mengajaknya ngobrol. Berbeda dengan orang yang sedang
shalat, temannya yang punya kepentingan kepadanya-pun terpaksa harus
menunggu hingga shalatnya usai dan tidak berani mendekat.
C. Manajemen strategi/metode
Sebenarnya banyak sekali metode yang
bisa digunakan untuk menghafal Al-Quran, Masing-masing orang akan
mengambil metode yang sesuai dengan kondisi masing-masing. Di sini akan
disebutkan dua metode yang sering dipakai oleh sebagian penghafal, dan
terbukti sangat efektif, yaitu:
Metode Pertama:
Menghafal satu persatu halaman (menggunakan Mushaf Madinah atau menara
Kudus). Kita membaca satu halaman yang akan kita hafal sebanyak tiga
atau lima kali secara benar, setelah itu kita baru mulai menghafalnya.
Setelah hafal satu halaman, baru kita pindah kepada halaman berikutnya
dengan cara yang sama. Dan jangan sampai pindah ke halaman berikutnya
kecuali telah mengulangi halaman-halaman yang sudah kita hafal
sebelumnya.
Metode Kedua
: Menghafal per- ayat , yaitu membaca satu ayat yang mau kita hafal
tiga atau lima kali secara benar, setelah itu, kita baru menghafal ayat
tersebut. Setelah selesai, kita pindah ke ayat berikutnya dengan cara
yang sama, dan begitu seterusnya sampai satu halaman. Akan tetapi
sebelum pindah ke ayat berikutnya kita harus mengulangi apa yang sudah
kita hafal dari ayat sebelumnya. Setelah satu halaman, maka kita
mengulanginya sebagaimana yang telah diterangkan pada metode pertama.
Sebelum mulai menghafal, hendaknya kita memperbaiki bacaan Al-Quran agar sesuai dengan tajwid.
Perbaikan bacaan meliputi beberapa hal, diantaranya :
a) Memperbaiki Makhraj Huruf.
b) Memperbaiki Harakat Huruf .
Untuk menunjang agar bacaan baik, hendaknya hafalan yang ada, kita melakukantasmi’ (memperdengarkan)
kepada seorang ustadz Al-Quran, agar beliaau membenarkan bacaan kita
yang salah. Kalau itu tidak dilakukan, maka mungkin kesalahan yang
timbul akan terus terbawa dalam hafalan kita tanpa disadari.
Faktor lain yang menguatkan hafalan
adalah menggunakan seluruh panca indera yang kita miliki. Maksudnya kita
menghafal bukan hanya dengan mata saja, akan tetapi dengan membacanya
dengan mulut kita, dan kalau perlu kita lanjutkan dengan menulisnya ke
dalam buku atau papan tulis, sebagaimana yang diterapkan di sebagian
daerah di Maroko, yakni dengan menuliskan hafalan di atas papan kecil
yang dipegang oleh murid, setelah mereka menghafalnya di luar kepala,
baru tulisan tersebut dicuci dengan air.
Menggunakan satu jenis mushaf Al-Quran
juga dapat menguatkan hafalan. Jangan sekali-kali pindah dari satu
jenis mushaf kepada yang lain. Karena mata kita akan ikut menghafal apa
yang kita lihat. Jika kita melihat satu ayat lebih dari satu posisi,
jelas itu akan mengaburkan hafalan kita. Masalah ini, sudah dihimbau
oleh penyair dalam tulisannya :
“ Mata akan menghafal apa yang dilihatnya- sebelum telinga- , maka pilihlah satu mushaf untuk anda selama hidupmu. “
Ada beberapa model penulisan mushaf,
diantaranya adalah: Mushaf Madinah atau terkenal dengan Al-Quran pojok,
satu juz dari mushaf ini terdiri dari 10 lembar, 20 halaman, 8 hizb, dan
setiap halaman dimulai dengan ayat baru. Mushaf Madinah (Mushaf Pojok)
ini paling banyak dipakai oleh para pengahafal Al-Quran, banyak
dibagi-bagikan oleh pemerintah Saudi kepada para jama’ah haji.
Cetakan-cetakan Al-Quran sekarang merujuk kepada model mushaf seperti
ini. Dan bentuk mushaf seperti ini paling baik untuk dipakai menghafal
Al-Quran. Ada juga model lain, seperti mushaf Al-Quran yang dipakai oleh
sebagian orang Mesir, ada juga mushaf yang dipakai oleh sebagian orang
Pakistan dan India, bahkan ada model mushaf yang dipakai oleh sebagian
pondok pesantren tahfidh Al-Quran di Indonesia yang dicetak oleh
Penerbit Menara Kudus.
Faktor lain yang mendukung hafalan
adalah memperhatikan ayat-ayat yang serupa (mutasyabih). Biasanya
seseorang yang tidak memperhatikan ayat-ayat yang serupa (mutasyabih),
hafalannya akan tumpang tindih antara satu dengan lainnya. Ayat yang ada
di juz lima misalnya akan terbawa ke juz sepuluh. Ayat yang semestinya
ada di surat Al-Ma-idah akan terbawa ke surat Al-Baqarah, dan begitu
seterusnya.
D. Manajemen istiqamah
Setelah Al-Quran dihafal secara penuh
(30 juz), seringkali seorang hafidz disibukkan oleh studinya, atau
menikah atau sibuk dengan pekerjaan, dan tidak lagi mempunyai program
untuk menjaga hafalannya kembali, sehingga Al-Qur’an yang sudah
dihafalnya beberapa tahun, akhirnya hanya tinggal kenangan saja. ia
merasa berat untuk mengembalikan hafalannya lagi.
Yang terpenting dalam hal ini bukanlah
menghafal, karena banyak orang mampu menghafal Al-Quran dalam waktu
yang sangat singkat, akan tetapi yang paling penting adalah bagaimana
kita melestarikan hafalan tersebut agar tetap terus ada dalam dada kita.
Sering diungkapkan bahwa tugas seorang hafidz adalah menjaga hafalan.
Istilah “menjaga hafalan” ini sebenarnya cenderung negatif, sebab
dikesankan bahwa seorang hafidz itu tugasnya seperti petugas security
(Satpam) yang hanya menjaga tidak menikmati apa yang dijaganya. Bayangan
yang muncul dibenak masyarakat umum, bahwa menghafal al-Quran itu
identik dengan menambah beban hidup menjadi lebih berat. Saatnya kita
rubah istilah tersebut dengan “melestarikan hafalan atau menikmati
al-Quran”, sehingga tidak dianggap sebagai beban, melainkan sebagai
sarana hiburan diri.
Di sinilah letak perbedaan antara
orang yang benar-benar istiqamah dengan orang yang hanya rajin pada
awalnya saja. Karena, untuk melestarikan hafalan diperlukan kemauan yang
kuat dan istiqamah yang tinggi. Dia harus meluangkan waktunya setiap
hari untuk mengulangi hafalannya. Banyak cara untuk menjaga hafalan
Al-Quran, masing-masing tentunya memilih yang terbaik untuknya.
Mengulangi hafalan perlu dilakukan
dalam shalat lima waktu. Seorang muslim tentunya tidak pernah
meninggalkan shalat lima waktu, hal ini hendaknya dimanfaatkan untuk
mengulangi hafalannya. Agar terasa lebih ringan, hendaknya setiap shalat
dibagi menjadi dua bagian, sebelum shalat dan sesudahnya. Misalnya,
sebelum shalat: sebelum adzan, dan waktu antara adzan dan iqamah.
Apabila dia termasuk orang yang rajin ke masjid, sebaiknya pergi ke
masjid sebelum azan agar waktu untuk mengulangi hafalannya lebih
panjang. Kemudian setelah shalat, yaitu setelah membaca dzikir ba’da
shalat atau dzikir pagi pada shalat shubuh dan setelah dzikir selepas
shalat Asar. Seandainya saja, ia mampu mengulangi hafalannya sebelum
shalat sebanyak seperempat juz dan sesudah shalat seperempat juz juga,
maka dalam satu hari dia boleh mengulangi hafalannya sebanyak dua juz
setengah.
Kalau istiqamah seperti ini, maka dia
boleh mengkhatamkan hafalannya setiap dua belas hari, tanpa menyita
waktunya sama sekali. Kalau dia mampu menyempurnakan setengah juz setiap
hari pada shalat malam atau shalat-shalat sunnah lainnya, berarti dia
boleh menyelesaikan setiap harinya tiga juz, dan boleh mengkhatamkan
Al-Quran pada setiap sepuluh hari sekali. Banyak para ulama dahulu yang
menghatamkan hafalannya setiap sepuluh hari sekali. Ada sebagian orang
yang mengulangi hafalannya pada malam saja, yaitu ketika ia mengerjakan
shalat tahajud. Biasanya dia menghabiskan shalat tahajudnya selama dua
jam. Cuma kita tidak tahu, selama dua jam itu berapa juz yang ia
dapatkan. Menurut ukuran umum, kalau hafalannya lancar, biasanya ia
boleh menyelesaikan satu juz dalam waktu setengah jam. Berarti, selama
dua jam dia boleh menyelesaikan dua sampai tiga juz dengan dikurangi
waktu sujud dan ruku.
Ada juga sebagian teman yang
mengulangi hafalannya dengan cara masuk dalam halaqah para penghafal
Al-Quran. Kalau halaqah tersebut berkumpul setiap tiga hari sekali, dan
setiap peserta wajib mendengarkan hafalannya kepada temannya lima juz
berarti masing-masing dari peserta mampu mengkhatamkan Al-Quran setiap
lima belas hari sekali. Inipun hanya boleh terlaksana jika masing-masing
dari peserta mengulangi hafalannya sendiri-sendiri dahulu.
E. Manajemen tempat
Tempat yang kondusif akan memberikan
pengaruh signifikan terhadap kesuksesan menghafal. Mereka yang tinggal
di lingkungan yang cuek atau bahkan anti dengan bunyi-bunyian al-Quran
akan merasa canggung untuk menghafal setiap saat. Sebaliknya mereka yang
tinggal di pesantren khusus tahfidz, akan merasakan sebuah lingkungan
yang kondusif, mau menghafal kapan saja dan dimana saja dan dengan cara
apapun, tidak ada problem.
Secara umum, tempat yang paling
kondusif untuk menghafal adalah masjid. Namun, kadang masing-masing
orang memiliki selera dan tingkat kejenuhan yang berbeda, sehingga
diperlukan alternatif tempat lain yang sunyi, seperti: di sawah, sungai,
gunung, pesisir. Ada juga yang menghafal di dekat makam ulama-ulama
terkenal, seperti di makam syeikh Hasyim Asyari Jombang yang sering
dipakai tempat menghafal oleh santri-santri Pesantren “Madrasatul
al-Quran”.
Ketika seseorang sudah hafal dan lancar, tempat tidak lagi menjadi soal. Sebab, ia bisa melakukan murajaah
di manapun; di atas pesawat, motor, mobil atau di tempat keramaian
sekalipun. Terutama, saat al-Quran sudah dapat dimasukkan ke ponsel
(HP), dengan begitu tidak ada lagi rasa “sungkan” membawa dan membaca
al-Quran di tengah kerumunan massa. Tentu, itu dilakukan dengan suara
pelan yang tidak sampai mengusik atau menyita perhatian orang lain.
F. Manajemen tahsin (memperindah bacaan)
Faktor lain agar bacaan kita baik dan
tidak salah, adalah meningkatkan intensitas mendengar bacaan Al-Quran
murattal dari qori’-qor’ terkenal yang bagus suara dan bacaannya melalui
kaset, MP3 atau HP. Kalau boleh, tidak hanya sekadar mendengar sambil
mengerjakan pekerjaan lain, akan tetapi mendengar dengan serius dan
teratur. Untuk diketahui, akhir-akhir ini – Alhamdulillah – banyak
program TV yang menyiarkan secara langsung pelajaran Al-Quran murattal
dari seorang qori’ yang bagus. Bisa juga mendapatkan audio atau video
murottal dari internet di situs:www.Mp3Quran.net, atau dengan mengetikkan nama qori’ yang dikehendaki pada situs: www.youtube.com, kemudian URLnya dikopi ke www.youddl.com dan siap didownload.
DAFTAR RUJUKAN
1. Imam Nawawi, Al Majmu’, (Beirut, Dar Al Fikri, 1996) Cet. Pertama
2. Hadis riwayat Abu Daud ( no : 1319 ), disahihkan oleh Syekh Al Bani dalam Sahih Sunan Abu Daud
3. Abu Abdur Rahman Al Baz Taufiq, Ashal Nidham Li Hifdhi Al-Quran, ( Kairo, Maktabah Al Islamiyah, 2002 ) Cet. Ketiga
4. Abu Dzar Al Qalamuni, ‘Aunu Ar Rahman fi Hifdhi Al-Quran, ( Kairo, Dar Ibnu Al Haitsam, 1998 ) Cet Pertama
5. Imam Nawawi, At-Tibyan fi Adab Hamalah al-Quran
Sepengetahuan saya tidur 8 jam itu adalah ajaran medis Barat.
BalasHapusPara nabi cuma tidur sedikit...